Kereta tiba pukul berapa…


Rabu, 09 November 2011. Seharusnya aku kembali ke Kota Udang tanggal 08 November 2011, berhubung kehabisan tiket,… ya jadinya hari ini. Di tiket tercetak kereta berangkat dari stasiun Jatinegara pukul 15.32 dan tiba di stasiun Parujakan Cirebon pukul 19.55.

Kereta yang aku tumpangi bernama Tegal Arum, kereta api jurusan Jakarta – Tegal. Sengaja aku naik kereta kelas ekonomi, karena harga tiketnya sangat jauh berbeda dengan pelayanan tidak jauh berbeda.

Jika menggunakan Cirebon ekspress kelas bisnis, aku harus mengeluarkan Rp.55.000, dengan menggunakan kereta ekonomi jurusan Tegal ini aku hanya cukup mengeluarkan Rp.13.000 ditambah sumbangan yang dipaksakan (tanpa melalui konfirmasi/persetujuan terlebih dahulu) sebesar Rp. 1.000. Jadi hari itu ada penekanan terhadap biaya transportasi sebesar Rp. 42.000 (diluar sumbangan).

Akhirnya jam menunjukan 15.32 lebih sedikit. Akupun naik ke atas kereta. Namun ada sedikit yang berbeda, tidak ada satupun yang berjualan di atas kereta. Ah… ini pasti gara-gara kebijakan KAI yang baru. Padahal kehadiran para penjual asongan tersebut sangat kunanti-nanti. Dari tadi perutku sudah bernyanyi dan menari-nari.

Taklama keretapun melaju, tak lama pula para gerilyawan keluar dari sarangnya. Dan ternyata para pedagang tersebut banyak yang menyamar sebagai penumpang untuk menghindari sweeping PolSus KA…. Hmmm…ternyata begitu beratnya mencari kehidupan di negara ini, sampai harus kucing-kucingan dengan saudara sebangsa di negara dan tanah air sendiri.

Aku hanya bisa tersenyum merasakan situasi ini, dan lebih bersyukur lagi karena akhirnya perut ini bisa merasakan nikmatnya lontong dan tahu sumedang versi kereta api.

0 Responses to “Kereta tiba pukul berapa…”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: