Memilih Hosting yang Baik


Tahun 2007 merupakan awal perkenalan saya dengan dunia internet. Sebelumnya, dunia internet masih merupakan dunia asing yang jarang terjamah. Sejak tahun itu pula saya belajar membuat blog. Blog pertama saya menggunakan blog gratis dari wordpress.com (ya.. ini dia blognya…).

Kemudian saya mencoba-coba membuat blog-blog yang lain yang juga gratisan🙂. Hingga dengan saat ini kira-kira saya telah memiliki beberapa blog di beberapa situs penyedia blog gratisan. Bahkan saya memiliki hingga 40 subdomain blog dengan satu account. Lama-lama saya jenuh juga bermain-main. Dan akhirnya saya tertarik memiliki blog dengan nama domain sendiri dan dengan hosting sendiri.

Sebelum memutuskan membeli domain dan menyewa hosting terlebih dahulu saya searching dengan bantuan “Om google”. Saya mencari dengan kata kunci “DOMAIN”, ada banyak situs yang muncul. Satu persatu saya kunjungi, saya mulai membandingkan antara satu situs penyedia layanan domain satu per satu. Dimulai dari harga, fasilitas, dukungan pelayanan hingga tata cara pembayaran. Hal ini saya lakukan hingga satu minggu lamanya.

Dan pada akhirnya saya memutuskan membeli domain dan menyewa hosting di idwebhost.com. Ada beberapa alasan mengapa saya memilih membeli domain di idwebhost.com.

  • Pertama, sesuai dengan slogannya “Web Hosting Murah dan Domain Murah Indonesia” idwebhost.com terbukti menawarkan hosting dan domain dengan harga yang lebih murah.
  • Kedua, support service/pelayanan yang optimal 24 jam. Terbukti pada awal saya membeli domain dan menyewa hosting. Pada awal saya membeli dan menyewa hosting, itulah kali pertama saya berkenalan dengan Cpanel… berkali-kali saya melakukan kesalahan, berkali-kali saya harus mereset blog saya… semua itu berkat dukungan dari support yang diberikan oleh para staf yang selalu siap memberikan pelayan optimal selama 24 jam. Dari merekalah saya belajar… jadi jangan ragu jika Anda pertama kali membeli domain atau menyewa hosting di idwebhost.com, yang penting bisa YM an, kalo tidak bisa bisa langsung telp (saran saya sih gunakan YM supaya lebih gampang kalo kita dikirim link oleh team support kita tinggal klik).

Dari semua kelebihan tersebut ada satu kekurangan menurut saya pada saat itu. Idwebhost.com tidak menyediakan layanan affiliasi. Dan itu membuat saya sedikit kecewa😦. Padahal saya mengikuti beberapa program affiliasi yang disediakan oleh webhosting lain. Setelah beberapa kali bolak-balik mengunjungi web site idwebhosting.com, ternyata webhosting ini memiliki program seperti affiliasi, namun bukan afiliasi. Mereka menamakannya waralaba, saya lebih suka menyebutnya Waralaba Web Hosting.

Untuk mengikuti program ini ternyata tidak gratis (tidak seperti program-program affiliasi yang ditawarkan oleh web hosting yang lain… gratis ^_^). Karena harga tersebut sudah termasuk domain dan support sistem yang ditawarkan. Wah, tentu saja pada saat itu saya berpikir ulang mengikuti program tersebut. Hampir 2 bulan saya menimbang-nimbang dan mencari referensi mengenai program tersebut, kemudian siapa saja yang telah mengikuti. Dan pada akhirnya saya putuskan mengikuti program tersebut dan waralaba hosting saya beri nama idwebhoster.com.

Lalu apa kelebihan membeli domain dan menyewa web hosting melalui waralaba seperti idwebhoster.com? Anda akan mendapatkan harga domain dan web hosting lebih mudah dibandingkan Anda membeli langsung dari situs idwebhost.com. Namun Anda akan tetap mendapatkan pelayanan dan dukungan sama seperti ketika Anda membeli domain dan web hosting dari idwebhost.com. Jadi, jika dari waralabanya lebih murah, kenapa harus beli dari situs aslinya??? 🙂

2 Responses to “Memilih Hosting yang Baik”


  1. 1 anang nurcahyo December 30, 2010 at 1:52 pm

    info menarik. makasih..

    • 2 Agung Gumilar December 30, 2010 at 3:07 pm

      Terima kasih kembali telah berkunjung….🙂


Leave a Reply

